Sirah Rasulullah Saw dan Keistimewaanya

  • 300
    Shares

SIRAH Nabi saw memiliki banyak sekali keistimewaannya. Karena dengan merenungkan dan mengkajinya, akan dapat menggugah kesegaran spiritual, mempertajam intelektual dan kepekaan historis yang agung. Disamping sebagai media penyebaran dakwah Islam pada umat manusia melalui metode yang mudah dipahami, dalam Sirah Nabi juga terdapat sebuah sandaran atau pegangan yang merupakan salah satu tumpuan saat kita diterjang oleh dahsyatnya terpaan badai kehidupan.

Keistimewaan Sirah Rasulullah saw yang pertama adalah bahwa sirah ini merupakan sejarah perjalanan hidup Nabi dan Rasul yang paling diakui kebenarannya dan sangat besar manfaatnya bagi umat. Sirah Nabi sampai ke tangan kita melalui metode ilmiah yang valid dan terpercaya karena sumber-sumber yang dijadikan rujukannya antara lain adalah Al Quran yang penjagaannya dijamin oleh Allah, Al Hadits yang shahih, serta tulisan syair yang sezaman dengan Nabi, yang kesemuanya merupakan sumber yang paling kuat keterpercayaannya atau keabsahannya.

Selain itu, dalam sumber-sumber sejarah yang valid juga dituturkan dengan sangat terperinci perihal kehidupan pribadinya, mulai dari bentuk tubuh, cara makan, minum, berdiri, duduk, berjalan, berpakaian, bersikap, bertutur kata, sampai interaksi beliau dengan Allah swt, bersama keluarga dan shahabatnya. Bahkan para periwayat sirah menjelaskan lebih rinci lagi sampai menuturkan pada kita jumlah uban dan helai jenggotnya.

   Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Q. S. Al-Ahzab : 21)

Sirah Rasulullah sawa juga memuat seluruh aspek sosial dan humanisme. Sirah ini menceritakan kepada kita tentang perjalanan hidup beliau yang menyeru kepada Allah swt dengan menggunakan metodologi dakwah yang paling efektif agar seruannya diterima.

Sejarah Rasulullah memuat seluruh aspek kemanusiaan beliau dalam kehidupan sosial yang menjadikan beliau sebagai suri teladan yang baik bagi setiap dai, pengusaha, pemimpin, orang tua, suami, sahabat, pendidik, politikus, kepala negara, dan lainnya. Beliau adalah satu-satunya model manusia dalam sejarah yang pantas dijadikan teladan bagi seluruh golongan dan seluruh umat manusia.

Dan hanya sirah Muhammad saw sajalah yang memberikan argumen tak terbantahkan akan keabsahan risalah kenabian beliau. Ia adalah sejarah manusia paripurna yang memimpin dakwahnya dari nol atau awal sampai satu kemenangan menuju kemenangan yang menyeluruh dan komprehensif.[az]