Pemuda Pilar Kebangkitan Umat

  • 2
    Shares

SEBUAH  fikrah  atau ideologi itu akan berhasil  jika pendukungnya yakin sepenuhnya dengan ajaran tersebut, benar-benar ikhlas dalam menegakkannya, mempunyai semangat yang tinggi untuk mempertahankan kewujudannya. Disamping itu ada kesediaan yang mendorong mereka untuk berkorban serta terus berusaha mengembangkannya. Keempat rukun atau syarat tersebut diantaranya : keyakinan, kejujuran, semangat dan tindakan atau amal, yang merupakan ciri-ciri utama seorang pemuda sejati.

Asas keimanan atau keyakinan itu ialah hati yang cerdas, asas keikhlasan ialah sanubari yang jernih dan bersih, dan asas semangat ialah perasaan yang segar mekar; manakala asas bagi setiap tindakan pula ialah semangat yang kuat dan sabar. Keempat hal itulah yang harus ada dalam diri pemuda, karena pemuda merupakan pilar dari kebangkitan umat.

نَّحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُم بِٱلْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ ءَامَنُوا۟ بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَٰهُمْ هُدًى

(QS: Al – Kahfi:13)

Allah Swt berfirman : Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman dengan Tuhan mereka; dan Kami tambahkan petunjuk kepada mereka.(Kahfi:13) Dengan kesimpulan inilah maka kamu, angkatan pemuda akan menghadapi kewajipan yang bertambah banyak, tugas yang semakin besar, tuntutan-tuntutan umat yang kian berlipat ganda. Dan amanah yang dipikulkan ke atas bahu para pemuda itu akan menjadi bertambah berat.

Oleh karena itu, seharusnya kamu berpikir panjang, bekerja keras, bahkan mestilah kamu menentukan sikap untuk tampil ke depan demi menyelamatkan umat serta menunaikan hak-hak umat dengan sempurna. Ada pemuda yang lahir serta membesar  di tengah-tengah umat yang keadaannya tenang karena kekuasaannya sudah kukuh dan kemakmuran hidupnya cukup mewah. Maka ia pun lebih banyak sibuk untuk dirinya sendiri dari kepentingan umatnya, dia hanya sibuk bermain-main dan berfoya dengan senang hati dan tidak berpikir apa pun tentang kebangkitan umat.

Di samping itu, ada pula pemuda yang lahir membesar di tengah-tengah umat yang terpaksa berjuang dan berkorban karena mereka dijajah dan dikuasai oleh musuh. Sehingga pemuda tersebut terpaksa berjuang dengan segala upaya untuk mengembalikan hak mereka yang dirampas. Sehingga kewajipan pertama dan utama bagi pemuda tersebut ialah memperjuangkan kepentingan umat dan kejayaan Islam. Seharusnya dimana pun kita berada, disanalah medan juang kita wahai pemuda. Karena pemuda hari ini ialah pemimpin di hari esok.