Menghindari Perbuatan Syirik

  

BERBICARA masalah syirik, janganlah kita berpikir orang yang jatuh dalam perangkap syirik hanya ada di kalangan orang Yahudi, Nasrani, Hindu, Budha, Konghuchu dan sebagian kelompok atau sekte Muslim lainnya.  Sebab kesyirikan muncul pula dalam kalangan kaum Muslimin yang hatinya dipenuhi debu atau kotoran akibat sulit melepaskan diri dari perangkap hawa nafsu duniawi yang membutakan hati. Sungguh muslim yang masuk penyakit syirik dalam hatinya terkadang mengalami ketidaksadaran, akibat halusnya penyakit syirik yang masuk dalam hatinya. Misalnya az an sudah berkumandang sebagai tanda waktu shalat sudah datang, tapi kita masih di depan televisi menyaksikan acara sinetron atau sibuk dalam aktivitas duniawi. Tak sekalipun kita beranjak meninggalkan televisi seolah perangkat elektronik itu sudah menjadi tuhan baginya.

Maka kita perlu mengetahui dengan baik, bahwa pengertian syirik yaitu mempersekutukan Allah SWT; segala bentuk ibadah yang semestinya dipersembahkan kepada Allah, namun dia berikan kepada selain-Nya. Syirik bermacam bentuknya baik kepada benda fisik seperti kuburan, patung, api dan matahari maupun benda non fisik seperti doa, berkurban, nazar, puncak kecintaan, puncak rasa takut dan lain-lain yang bertentangan dengan nilai Islam.

Ustadz Agus Hasan Bashori dalam sebuah ceramahnya mengingatkan umat Islam akan beberapa keutamaan tauhid dan pentingnya menjauhi perbuatan syirik. Manfaat bertauhid ialah diharamkannya api neraka bagi kaum Muwahidin (Ahli Tauhid). Andaipun mereka masuk neraka, maka tidak akan kekal di dalamnya (sebentar saja). Selain itu ahli tauhid akan mudah sekali langkahnya untuk masuk  surga-Nya Allah dan diberikan kepada mereka ampunan dari segala dosa.

Sedangkan bahaya syirik, masih menurut Ustadz Agus Hasan ialah mendapatkan ancaman masuk ke neraka dan kekal di dalamnya. Kemudian tidak diampuni dosanya selama ia belum bertaubat serta gugurlah amal perbuatannya. Maka hindarilah sifat syirik sebab perbuatan itu merupakan kezaliman yang terbesar. Jangan pernah sekalipun memberikan ruang kepada syirik agar amalan terbaik kita tidak hangus di hari kiamat kelak. Sebagai insan beriman, seringlah membaca doa agar dijauhkan dari perbuatan syirik. Ya Allah, jadikanlah hari ini menjadi hari ampunan bagi segala dosa kami. Hari dimana Engkau gantikan segala kegelapan dengan cahaya di hati kami.

Berikanlah kami petunjuk kepada ajaran-Mu yang terang. Ya Allah, hiasilah diri kami dengan ilmu yang bermanfaat dan membawa kepada keluhuran akhlak kami. Janganlah Engkau hiasi kami dengan ilmu yang membuat kami hidup dalam keangkuhan di bumi milik Engkau ini. Ya Rabb, jangan pula Engkau hiasi kami dengan ilmu yang membawa permusuhan di antara kami.